8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

Komputer saat ini sudah menjadi bagian yang tak bisa di lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Meski sudah bukan rahasia lagi bahwa duduk berlama-lama di depan komputer itu tidak baik untuk kesehatan, tetapi sebagian tetap saja tak bisa meninggalkannya.
Tidak kurang setiap orang yang bekerja di depan komputer menghabiskan hampir separuh waktunya di depan komputer, baik untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan.
Dari beberapa resiko yang dapat ditimbulkan dari penggunaan komputer tersebut, diantaranya adalah gangguan mata, nyeri punggung, sakit pinggang dan  sakit leher. Nah, untuk menghindari itu semua, kali ini PG akan berbagi 8 tips kepada kamu. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan ketika kamu sedang asyik duduk bekerja di depan komputer
1. Jaga jarak pandang – monitor (50-100cm) dan gunakan meja / kursi nyaman
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Terlalu dekat dengan komputer akan membahayakan mata kamu. Jika terlalu terlalu sering, maka bukan tidak mungkin kamu dapat terkena rabun jauh (mata minus). Jangan lupa untuk menggunakan meja dan kursi yang membuat posisi dudukmu nyaman agar tidak cepat lelah.

2. Gunakan LCD/LED monitor dan setting sesuai kenyamanan mata
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Sebaiknya menggunakan LCD atau LED monitor dan aturlah pencahayaan monitor agan agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur monitor milikmu terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan pada mata.

3. Periksa mata teratur, jika perlu pakailah kacamata anti radiasi
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Periksa mata jika penglihatanmu sudah mulai kabur dan tanyakan kepada Dokter apakah kamu perlu memakai kacamata anti radiasi. Karena kacamata anti radiasi dapat kamu gunakan untuk mengurangi cahaya berlebih yang dapat memberi efek nyeri pada mata.

4. Perhatikan sirkulasi udara dan gunakan cahaya ruangan yang cukup
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Udara yang terlalu panas juga dapat membuat mata cepat kering, oleh karena itu aturlah siklus udara yang sesuai dan sesuaikan cahaya yang masuk agar cukup pada ruang kerja kamu.

5. Makan, minum, dan konsumsi tambahan vitamin secara teratur
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Sudah biasa terjadi bahwa biasanya aktifitas di depan komputer membuat kamu lupa untuk makan dan minum yang pada akhirnya akan menimbulkan sakit pada perut (maag). Sebaiknya di usahakan untuk selalu makan teratur pada jam istirahat. Jika perlu konsumsilah vitamin A agar menambah asupan gizi untuk mata, dan Vitamin B untuk menambah daya tahan tubuh kamu.

6. Tidur 6 – 8 jam sehari dan istirahatkan mata agan minimal 5 menit setiap jam
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Mata juga perlu istirahan lho, apabila seharian sudah melek jadi saat malam ya sebaiknya mata kamu di istirahatkan 6-8 jam. Saat sedang bekerja pun juga, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata kamu minimal 5 menit setiap jam nya.

7. Sediakan waktu olahraga secara teratur
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Saat pagi hari atau saat libur usahakan untuk berolahraga secara teratur agar kondisi badan kamu tetap fit dan bugar.

8. Menyediakan waktu untuk Beribadah, keluarga dan sahabat 
8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
Jangan lupa untuk beribadah saat kamu sibuk didepan komputer, dan sediakan waktumu untuk keluarga, teman dan sahabat. Karena dengan menyediakan waktu dan berinteraksi untuk mereka maka secara tidak langsung kamu juga telah melakukan refreshing untuk sekedar melepas penat selama bekerja.

Karena sekeras apapun kamu bekerja, dan sebesar apapun penghasilan dari pekerjaan kamu, tidak akan terlalu berguna apabila kamu tidak sehat. Yuk jaga kesehatan dan terapkan pola hidup sehat mulai hal-hal yang kecil sekalipun, dan mari di mulai dari sekarang. :)
.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Back To Top